Cara Membuat Privacy Policy Blog dengan Mudah


Privacy Policy merupakan sebuah dokumen hukum yang berisi beberapa informasi mengenai pengelolaan situs dan blog. Jika  Anda ingin terjun kedalam dunia bisnis online, seperti Google Adsense. Maka Privay Policy ini harus Anda buat.


Tentunya Anda sering  menemukan Privacy Policy yang berbahasa Inggris ketika melakukan blogwalking, itu karena jasa pembuatan ini lebih banyak mengutamakan bahasa Inggris. Namun demikian Anda masih tetap bisa merubahnya kedalam bahasa Indonesia.

Sebenarnya Privacy Policy bisa Anda buat sendiri, sesuai dengan kata-kata Anda, tapi karena adanya ketentuan dari berbagai pihak, sehingga banyak layanan yang menyediakan pembuatan Privacy Policy secara online dan gratis.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas cara membuat Privacy Policy untuk blogspot dengan mudah. Tapi sebaiknya, Anda membuat form Contact Us terlebih dahulu. 

Untuk membuat Privacy Policy ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Kita akan membuatnya melalui situs Privacy Policy Online. Klik linknya dan masuk ke halaman tersebut.
  • Pada halaman depan, terdapat sebuah form yang harus Anda isi. Isi semua yang dibutuhkan. Pada kolom Your Site Title isi dengan nama blog Anda, lalu dibawahnya isi dengan alamat blog Anda. Kemudian pada kolom contact link, masukkan halaman Contact Us yang telah anda buat, lalu terakhir email Anda. Setelah itu dibagian Advertisers pilihlah layanan iklan yang Anda akan ikuti lalu, klik Generate Policy.

  • Jika Anda mengklik Generate Policy maka akan muncul jendela baru pada browser Anda, itu adalah Privacy Policy Anda. Kemudian klik tombol Generate HTML for this page yang berada dipojok kiri paling bawah, Copy  dan paste di blog Anda.

  • Untuk memasangnya diblog, buatlah Laman baru. Caranya masuk ke blogspot, pilih Laman lalu buat Laman Baru. Pada kanvas, rubah mode Compose menjadi HTML lalu paste script tadi kedalamnya. Beri judul Privacy Policy dan publikasikan.
Sekarang Anda sudah memiliki  Privacy Policy.